Bagian 4: Siapakah Allah Itu?

Suster Agreda menulis dalam kata pendahuluan sebagai berikut “O King, most high and wise Lord; How incomprehensible are thy judgments, and inscrutable thy ways (Rom. 11, 24)! Invincible God, enduring forever and whose beginning is unknown (Eccli. 18, 1)! Who can understand thy greatness and who can be worthy of thy most magnificent works, or who can tell Thee why Thou hast created them (Rom. 9, 20)? For Thou art exalted above all of them and our vision cannot reach Thee and our understanding cannot comprehend Thee. Mayest Thou be blest, magnificent King, because Thou hast deigned to show me, thy slave and a vile worm of the earth, great sacraments and most sublime mysteries”

Dalam bahasa Indonesia-nya kurang lebih demikian “Oh, Raja yang Maha Tinggi dan Allah yang bijak, siapa yang bisa (mengerti) memahami penilaian-Mu, dan jalan-jalanMu (Roma 11, 24)! Tuhan yang tak terkalahkan, yang bertahan selamanya dan yang permulaannya tidak diketahui (Pengkhotbah 18, 1)! Siapakah yang dapat memahami kebesaran-Mu dan siapa yang layak untuk pekerjaan-Mu yang paling luar biasa, atau siapa yang dapat memberitahuMu mengapa Engkau menciptakannya (Rm. 9, 20)? Karena Engkau ditinggikan di atas semuanya dan visi (pikiran) kami tidak dapat mencapai-Mu dan pemahaman kami tidak dapat memahami-Mu. Semoga Engkau diberkati, Raja yang agung, karena Engkau berkenan untuk menunjukkan kepadaku, budakmu dan cacing keji di bumi, sakramen yang agung dan misteri yang paling agung”

Pada dasarnya Suster Agreda mengatakan mengapa justru dia, orang yang tidak berguna, orang kecil dan rendahan terpilih atau dipilih untuk menulis sakramen yang teramat penting dan rahasia keagungan Allah yang dituangkan dalam buku ini?

Mari kita renungkan, pikirkan dengan segenap hati dan berkontemplasi akan kalimat dan paragraf diatas, yang pada dasarnya secara jelas, terang bendergang dan gamblang mengatakan isi dan pentingnya apa yang akan tertulis, atau diminta untuk ditulis di dalam buku ini, yakni mengenai RAHASIA ILLAHI !

Jadi buku the Mystical City of God ini bukanlah sembarangan buku, namun berisi tentang rahasia kerajaan Allah, yang akan mengajarkan dan menginformasikan kepada manusia banyak hal. Berisi rahasia yang dapat membuat manusia lebih baik, sukses, dan berhasil dari segala aspek kehidupan. Rahasia yang membuat manusia menjadi tahu akan tujuan hidupnya, bagaimana keluar dari semua masalah duniawi, seperti kebodohan, keterpurukan, kemalasan, keterpurukan, kemiskinan, kebencian, iri-hati, peperangan, kemarahan, sakit hati, haus akan kekuasaaan, dst, seperti yang tertulis di kitab Galatia Bab 5, ayat 18-21.